Senin, 30 Juli 2018

Kehilangan Milyaran Rupiah Karena Hal Ini..

World Class Methodology
Lebih dari 6 tahun yang lalu aku mengetahui ilmu tentang product management yang namanya Scrum. Di waktu itu aku pertama kali mempelajarinya di kantor Kaskus, aku tahu konsepnya keren, aku pengen banget bisa, tapi ya selang berapa waktu udah aja dilupakan, lalu sejak perusahaanku berubah menjadi software company sekitar 2 tahun yang lalu, aku pun melakukan scrum tapi secara partial, dan sekarang kita mulai melakukannya secara serius dan menyeluruh. 

Setiap bagian di dalam scrum, itu ada maksudnya, kalo dulu aku tidak paham kenapa harus begitu, untuk orang yang biasa tabrak sana sini, kerapihan itu musuh utama, rapih itu seperti lawan kata dari tidak cepat... padahal ya jelas sebaliknya.. klo sudah rapih ya bisa cepat.. 

Makin kesini, aku merasakan bahwa scrum ini makin bermanfaat, dan ternyata timku sendiri merasa thankful dengan adanya scrum ini.. 

scrum dirancang untuk meningkatkan kebahagian, hubungan kerjasama, dan ultimately SUPER PRODUCTIVITY di dalam team. Banyak yang salah mengerti bahwa scrum hanya bisa dijalankan di software development, padahal sangat sangat bisa diterapkan dalam tugas apapun, asal clear goalnya.. dan tim diluar software development pun merasakannya.. 

Scrum merupakan world class method dalam team management, mainly product management, sekarang diterapkan di hampir semua perusahaan besar di bidang teknologi seperti google, spotify, airbnb, dll 
waktu aku kemaren ke techinasia jakarta tentang product development, semua tim besar yang datang dari perusahaan-perusahaan raksasa seperti gojek, bukalapak, grab semuanya menggunakan scrum

Aku tidak menyesali masa laluku, tapi terus memperbaiki adalah suatu keharusan, jika scrum aku seriusi lebih dari 6 tahun yang lalu, mungkin aku tidak perlu kehilangan milyaran rupiah dari segala ketidakefisienan dalam menjalankan sesuatu di dalam tim.. 

so jika kamu berbisnis, aku tidak ingin kamu menyesali tidak mengetahui hal yang aku ajarkan di The Core Funnel, karena yang aku ajarkan adalah berdasarkan penelitianku, praktekku, segala pengalamanku dalam berbisnis..


Pixel House Studio Bandung, Jl Gerlong Tonggoh III no 15, 40152, Bandung, Indonesia
You may unsubscribe or change your contact details at any time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar